Cara Mengecek Data Guru di Lembar Info PTK untuk Mengetahui Hasil Syncronisasi DAPODIKDAS Tahun 2014

Written By gurugugus1 on Jumat, 26 September 2014 | 00.32

Bagi Bapak/Ibu guru yang masih bingung cara mengecek data hasil syncronisasi DAPODIKDAS pada lembar info PTK untuk mengetahui kevalid-an datanya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Klik salah satu link di bawah ini, maka Bapak/Ibu akan dibawa ke jendela tampilan baru:
2.Setelah halaman yang kita tuju terbuka maka akan muncul tampilan seperti berikut:


3. Isi User ID dengan nomor NRG bagi guru yang sudah sertfikasi, bagi yang belum sertifikasi isi dengan NUPTK.

4. Isi Password menggunakan tanggal lahir dengan format tahun terlebih dahulu dilanjutkan dengan bulan dan tanggal lahir.
Misalnya tanggal lahir Bapak/Ibu 12 Mei 1968 maka format penulisannya sebagai password adalah 19680512

5. Biarkan pilihan semester 1 (2014/2015) jika ingin mengecek data semester 1 tahun pelajaran 2014/2015 atau pilih semester yang diinginkan.

6. Masukkan kode yang tertulis di gambar ke kotak yang disediakan di bawahnya, jika kode pada gambar kurang jelas ganti dengan yang lain. Caranya klik tombol bulat kecil warna biru dengan lingkaran warna putih disebelah kanan kotak, setelah bertukar dan kode terlihat jelas silahkan masukkan kodenya (biasanya gabungan angka dan huruf kapital)

7. Klik tombol yang bertuliskan "Submit" , jika User ID, Password, dan Kode gambar yang dimasukkan benar maka Info PTK Bapak/Ibu akan muncul. Bagaimana jika tidak muncul atau layar menampilkan gambar seperti di bawah? Jangan Panik! Ikuti langkah selanjutnya:

8. Jika muncul gambar sebelah kiri yang bertuliskan "UNDER MAINTENANCE" saat Bapak/Ibu mengecek info PTK, artinya server sibuk sedang dalam perawatan, maka silahkan Bapak/Ibu tinggalkan dan kembali lagi setelah beberapa saat (bisa hitungan menit, jam, atau bahkan hari).

9. Jika yang muncul gambar sebelah kanan, kemungkinan kesalahan mengisikan User ID, Password, atau Kode gambar. Jika Bapak/Ibu rasa sudah benar mengisi User ID, Password, atau Kode gambar tetapi Info PTK tidak muncul juga, jangan panik! Coba cek inputan data di DAPODIK melalui Operator Sekolah.

10. Cari tahu apakah data Bapak/Ibu sudah valid? Kalau belum ya segera diperbaiki. Terutama tanggal lahir Bapak/Ibu. Ada kasus tanggal lahir PTK terbalik bukan karen salah input tetapi karena kesalahan system (software dapodiknya).

11. Jika ternyata tanggal lahir terbalik (biasanya bulan dan tanggal), maka coba di cek kembali lembar info PTK dengan password menggunakan tanggal yang terbalik tadi. Gak bisa juga? Hubungi Operator Tk.II (Kabupaten/Kota).

12. Perlu diperhatikan bahwa pada lembar Info PTK bagian bawah sekali terdapat tulisan dengan pesan:
Data yang ditampilkan pada halaman web ini tidak dapat dijadikan dasar acuan untuk proses pembayaran tunjangan dan data sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan data dapodik. Proses pembayaran tunjangan mengacu pada SK cetak yang dikirim ke pengelola masing-masing tunjangan.
Artinya: Jika data tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya, silahkan diperbaiki! Jangan langsung memarahi atau menyalahkan Operator Sekolah sebagai penginput data. Semoga bermanfaat

Sumber: Guru Kelas

Ditulis Oleh : gurugugus1 ~KKG GUGUS 1 SIMPANG EMPAT

# Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Mengecek Data Guru di Lembar Info PTK untuk Mengetahui Hasil Syncronisasi DAPODIKDAS Tahun 2014 yang ditulis oleh KKG GUGUS 1 SIMPANG EMPAT yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 00.32

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Live Traffic Feed

Berlangganan